Sistem Utama Mesin (Engine)
Mesin bensin dan Diesel Mengkomversi bahan bakar menjadi sebuah tenaga,dalam prosesnya mesin mempunyai komponen-komponen yang saling berkaitan untuk menghasilkan tenaga mekanis.
Mesin adalah suatu mekanisme atau alat yang dapat merubah sumber
tenaga seperti panas, angin, air, angin, listrik, tenaga atom atau sumber
tenaga lainya menjadi tenaga mekanik.
Mekanisme Katup
Cara kerja mekanisme Katup
Mekanisme katup pada mesin kendaraan berfungsi untuk mengatur pemasukan gas baru (Campuran bahan bakar dan udara)Secara optimal ke dalam silinder dan mengatur pembuangan gas bekas pembakaran ke saluran buang.
Tipe Mekanisme Katup
Katup di samping (Side Valve atau SV)
kontruksi SV memiliki ciri katup berdiri dan dan di samping blok motor serta poros kam terletak dibawah.
keuntungan nya kontruksi sederhana,mesin pendek tidak mekan tempat,suara tidak berisik,namun ruang bakar kurang maksimal
Katup di Kepala Silinder ( Over Head Valve atau OHV)
Katupnya menggantung pada kepala silinder,poroscam terletak dibawah
keuntungannya bentuk ruang bakar yang baik
kerugiannya adalah banyak komponen yang bergerak
Saru Poros Cam di Kepala silinder ( Singel Over Head Camshaft atau SOHC)
Pada Kontruksi SOHC atau OHC,Poros cam berada dikepala dan langsung menggerakan tuas katup (A)
atau tuas ayun (B)
keuntungan sedikit komponen yang bergerak,berrti kelembabab kecil sehingga baik untuk putaran tinggi
Dua Poros Cam di Kepala (Double Over Head Camshaft atau DOHC)
kontruksi DOHC memiliki dua kam di kepala silinder,kamlangsung menggerakan mangkok penumbuk
keuntungan bentuk ruang bakar baik dan susunan katup bentuk V menguntungkan bagi performen mesin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar