Blog yang didedikasikan untuk memenuhi metode pembelajaran secara online tanpa tatap muka.

Bagian-Bagian Mesin Frais

Bagian-Bagian Mesin Frais

         Dapatkah Anda mengendarai motor matik? Bagaimana dengan motor bebek? Apakah Anda juga dapat? Lalu kalau motor yang berkopling apa Anda juga dapat? Pasti dari ketiganya ada perbedaan cara menggunakannya. Agar dapat menggunakan/mengoperasikan pasti harus tahu nama bagian dan fungsinya. Agar ketika menggunakan tidak terjadi kesalahan dan pasti akan lebih aman. Sama halnya dengan pengoperasian mesin frais, Anda juga harus mengetahui nama bagian dan fungsinya terlebih dahulu. Pada bab ini Anda akan belajar kegunaan dari bagian-bagian mesin frais.

Memahami Mesin Frais
         Mesin Frais (Milling) adalah mesin perkakas untuk mengerjakan suatu benda kerja dengan proses penyayatan benda kerja menggunakan alat potong dengan mata potong jamak yang berputar yang disebut pisau frais (cutter). Prinsip kerja yaitu pisau frais berputar pada sumbu mesin (spindel), benda kerja bergerak ke arah pisau sepanjang benda kerja yang akan dipotong. Spindel dapat berputar ke kiri atau ke kanan serta kecepatan putarnya dapat diatur sesuai dengan keperluan pekerjaan.

Fungsi Mesin Frais
            Mesin frais merupakan mesin perkakas yang dapat digunakan untuk bermacam-macam pekerjaan, di antaranya untuk meratakan permukaan, membuat alur, membuat roda-roda gigi, membesarkan lubang, mengebor, merimer, dan sebagainya. Sesuai dengan prinsip kerja mesin frais, langkah penyayatan dilakukan oleh pergerakan benda kerja yang dipasang pada meja mesin, pergerakan benda kerja tersebut sebenarnya merupakan gerak dari meja mesin. Gerakan dari meja mesin frais dapat dilakukan dalam dua arah, yaitu gerakan horizontal (membujur dan melintang) dan gerakan vertikal (naik dan turun) yang dilakukan secara manual maupun otomatis.

Jenis-Jenis Mesin Frais
          Mesin Frais Tegak (Vertikal) Mesin frais tegak adalah mesin frais yang memiliki sumbu utama (spindel) pada posisi tegak (vertikal) terhadap meja mesin. Gerakan mejanya dapat bergerak ke arah memanjang dan melintang serta naik turun.

Nama bagian/komponen 
1. Motor penggerak spindel 
2. Handel gerak memanjang 
3. Kolom/body 
4. Pendukung lutut/knee 
5. Swich On-Off motor otomatis 
6. Kepala spindel 
7. Switch On-Off motor spindel 
8. Handel pengatur naik/turun spindel 
9. Spindel 
10. Meja/bed 
11. Gear box feeding 
12. Handel ke arah melintang 
13. Poros penggerak naik/turun meja 
14. Lutut/knee

Mesin Frais Mendatar (Horizontal) 
Mesin frais mendatar (horizontal) adalah suatu mesin frais yang letak sumbu utama (spindel) sejajar dengan meja mesin. Gerakan mejanya dapat bergerak ke arah memanjang dan melintang serta naik turun.

Mesin Frais Universal 
Mesin frais universal adalah suatu jenis mesin frais yang memiliki dua sumbu utama yaitu pada posisi tegak dan sejajar meja mesin sehingga mesin frais universal dapat digunakan sebagai mesin frais vertikal dan juga sebagai mesin frais horizontal. Gerakan mejanya dapat ke arah memanjang, melintang, naik turun, dan dapat diputar membuat sudut tertentu terhadap bodi mesin.
Bagian Utama Mesin Frais Mesin 
frais memiliki konstruksi yang berbeda-beda, tetapi pada prinsipnya mempunyai komponen utama yang sama, yaitu 
1. kolom mesin (badan mesin), 
2. arm (lengan mesin), 
3. table (meja mesin), 
4. sadel (dudukan meja), 
5. knee (lutut), dan 
6. bed (alas mesin).

1. Kolom (Badan Mesin) 
Kolom atau badan mesin adalah bagian yang menahan seluruh bagian-bagian mesin frais lainnya. Di dalamnya terdapat motor penggerak beserta puli-puli, susunan roda gigi pengatur kecepatan putaran, tempat minyak pelumas untuk melumasi bagian yang berputar. Selain itu, terdapat atau spindel adalah poros utama mesin frais yang berfungsi sebagai tempat kedudukan arbor. Arbor tersebut dimasukkan ke dalam lubang spindel dan diikat dengan baut pengikat yang letaknya di ujung lubang spindel. Jika mesin dijalankan, pindel akan membawa arbor ikut berputar. Bagian depan kolom berbentuk ekor burung sebagai dudukan dan tempat untuk turun naiknya knee yang membawa sadel dan meja.
Arm (Lengan) 
Arm/lengan adalah bagian mesin frais yang berfungsi sebagai tempat kedudukan penopang atau penahan ujung arbor (suport arbor) dan letaknya pada bagian paling atas mesin tersebut. Kedudukan lengan ini dapat diatur atau digeser. Pada suatu pengerjaan tertentu, lengan ini kadang-kadang tidak dipakai karena menghalangi perlengkapan yang dipakai.
Pada lengan mesin terdapat penahan arbor yang gunanya untuk menahan atau menopang ujung arbor. Penahan ini dapat digeser-geserkan kedudukannya untuk menyesuaikan dengan kedudukan benda kerja yang akan difrais. Pada mesin tertentu, terdapat dua buah penahan arbor yang dipasang pada bagian tengah dan di ujung arbor. Letaknya tengah mempunyai lubang lebih besar dari pada yang dipasang di ujung arbor, dengan tujuan agar kedudukan arbor menjadi lebih kokoh pada saat mengefrais dengan sayatan tebal.
Table (Meja Mesin) 
Bentuk meja mesin frais umumnya persegi panjang dan fungsinya sebagai tempat kedudukan benda kerja yang akan difrais. Permukaannya sangat rata dan beralur-alur dengan bentuk “T”. Permukaannya gunanya di samping sebagai tempat kedudukan baut-baut pengikat, juga sebagai saluran untuk mengalirkan cairan pendingin yang sudah terpakai ke tempatnya semula. Untuk jenis mesin tertentu meja ini dapat diatur 0o –45o , miring ke kiri atau ke kanan. Pada meja mesin frais dipasang backlash eliminator yang mengunci meja ke sadel yang berfungi untuk menahan loncatan dari meja karena pemakanan. 

Sadel (Dudukan meja) 
Sadel atau dudukan meja adalah bagian yang menyokong meja dan terpasang di atas lutut. Bagian bawahnya berbentuk sambungan ekor burung yang menghubungkan bagian atas lutut. Bagian atasnya terdapat bantalan penahan meja dan mempunyai sambungan ekor burung pula yang bentuknya memanjang. Meja tersebut diikat dengan baut yang terpasang pada salurannya.
Knee (Lutut) 
Lutut adalah tempat kedudukan meja dan dudukan meja (sadel). Lutut ini ditahan oleh eretan yang melekat pada badan mesin serta ditopang oleh poros berulir sebagai poros penggerak naik turunnya lutut tersebut.
Bagian dalam lutut berbentuk rongga yang dipasang roda-roda gigi untuk gerakan otomatis dari meja mesin, dudukan meja, dan lutut itu sendiri. Gerakan dari lutut ini hanya dua arah yaitu turun dan naik saja, lutut ini juga dapat dikuncikan kepada kolom, agar kukuh pada waktu pengefraisan.
Bed (Alas Mesin) 
Alas mesin adalah bagian-bagian paling bawah dari mesin. Pada alas mesin terdapat tempat penampungan cairan pendingin. Cairan pendingin dialirkan oleh suatu pompa ke tempat kedudukan pisau frais melalui pipa untuk mendinginkan pisau penyayat. Cairan ini apabila sudah dipakai akan kembali lagi ke tempat semula melalui suatu saluran.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Belajarjarakjjauh.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.