Blog yang didedikasikan untuk memenuhi metode pembelajaran secara online tanpa tatap muka.

Pemeriksaan Roda Belakang Sepeda Motor Astrea


Pemeriksaan Roda Belakang Sepeda Motor Astrea

Pelepasan Roda Belakang :
  1. Tempatkan sepeda motor dengan menggunakan standar tengah atau standar utama
  2. Topanglah sepeda motor dengan menggunakan dongkrak atau yang sejenisnya untuk menjamin keselamatan baik untuk mekanik maupun sepeda motornya.
  3. Lepaskanlah komponen-komponen dibawah ini :

  • Pin cotter
  • Mur, cincin atau washer, bantalan karet
  • Baut stopper
  • Lengan stopper panel rem
  • Mur penyetel
  • Tangkai rem, pegas dan bagian penyambung lainnya
      4.Lepaskanlah mur poros as roda dan penyetel rantai roda sebelah kanan.
          5.Lepaskan poros as roda dari sisi sebelah kiri.
          6.Lepaskan collar pada bagian samping kanan.
          7.Geserkan roda belakang ke arah kanan dan kemudian lepaskan roda belakang dari flens penggerak.
          8.Tarik roda roda belakang ke arah belakang kemudian lepaskan roda belakang.
     
     

    Pemeriksaan Roda Belakang :

    Pemeriksaan poros as roda belakang
    • Tempatkan poros as roda belakang pada blok-V dan ukurlah keolengan poros as roda belakang menggunakan dial test indicator (DTI).
    • Keolengan poros as roda diperoleh dari simpangan terjauh jarum DTI kearah kanan ditambah simpangan terjauh kearah kiri kemudian hasilnya dibagi dua. BATAS SERVIS : 0,20 mm 

    Pemeriksaan keolengan roda
    • Periksa keolengan rim roda dengan cara tempatkan roda pada dudukan berputar.
    • Putar roda secara perlahan dan kemudian baca keolengan roda dengan menggunakan DTI.
    • Ukur keolengan roda dari arah radial maupun aksial. BATAS SERVIS: Radial : 2,0 mm ; Aksial : 2,0 mm 
    Pemeriksaan bantalan roda
    • Periksa bantalan roda dengan cara putar lingkaran bagian dalam bantalan roda dengan menggunakan jari.
    • Bantalan roda harus berputar dengan halus dan tanpa mengeluarkan suara. Selain itu, periksa bahwa lingkaran bagian luar pada bantalan roda masih terpasang dengan kencang pada hubnya.
    • Gantilah bantalan roda jika bantalan roda tidak berputar dengan halus (macet) dan jika bantalan roda sudah kocak.


    CATATAN
    Gantilah bantalan roda secara berpasangan (ganti keduanya baik yang berada disisi kiri maupun sisi kanan)

    Pemeriksaan karet peredam

    • Lepaskan karet-karet peredam atau karet angkatan dari tromol
    • Periksa kondisi karet peredam, apakah karet peredam mengalami kerusakan atau tidak
    • Ganti karet peredam jika karet peredam telah rusak
    Pemasangan Roda Belakang :

    • Letakkan roda belakang pada lengan ayun rangka belakang sepeda motor
    • Tepatkan bos-bos pada flens penggerak dan tepatkan flens penggerak pada alur-alur karet peredam.
    • Pasangkan collar pada sebelah samping kanan.
    • Pasangkan poros as roda dari sisi sebelah kiri.
    • Pasangkan bagian penyambung di lengan rem dan lalu hubungkan tangkai rem dengan pegas (spring).
    • Pasang mur penyetel.
    • Pasangkan penyetel rantai roda kanan dan mur poros as roda belakang.
    • Pasangkan lengan stopper panel rem.
    • Pasangkan baut, bantalan karet, ring atau washer dan mur, kemudian kencangkan mur.
    • Kencangkan mur dengan memakai pin cotter yang baru
    • Kencangkan mur poros as roda dengan momen atau torsi yang ditentukan. TORSI : 6,0 kg-m
    • Setel jarak main bebas rem belakang.
    Share:

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Cari Blog Ini

    Belajarjarakjjauh.com. Diberdayakan oleh Blogger.

    Recent Posts

    Pages

    Theme Support

    Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.