Blog yang didedikasikan untuk memenuhi metode pembelajaran secara online tanpa tatap muka.

Pemeriksaan dan Perbaikan Dudukan Katup

Pemeriksaan dan Perbaikan Dudukan Katup

     Seating valve atau dudukan katup tertanam rapat dan simetris pada kepala silnder mesin 4 langkah, sehingga pada saat katup berkerja senantiasa gerakannya halus dan simetris baik pada penuntun katup juga pada dudukan katup

Pemeriksaan dan perbaikan dilakukan dengan menggunakan alat khusus serta sesuai urutan cara pemeriksaannya.
Langkah prosedur:
1) Bersihkan permukaan dudukan katup beserta katup masuk dan katup buang,
2) Kontak dudukan katup lebarnya harus sesuai dengan yang ditentukan serta merata sepanjang kelilingnya.

Keterangan gambar: 1. Daun katup 
2. Sudut daun katup 
3. Cinicin dudukan katup 
4. Sudut dudukan katup: sesuai sudut daun katup 
5. Lebar dudukan katup

Pada permukaan kontak dapat kita ketahui posisi katup bisa terlalu rendah atau terlalu tinggi sehingga dapat mengganggu unjuk kinerja mesin tersebut. Bila salah satu sisi tidak tepat dan tidak rata maka perbaikan dudukan katup perlu dilakukan.

Akibat pemakaian yang lama dengan kondisi temperatur yang tinggi maka daun katup dengan dudukannya akan mengalami keausan.

Pemeriksaan Daun Katup dengan Dudukannya: 

1) Jika lebar seat valve di luar spesifikasi.


2) Lebar daun katup standard: 0,90 – 1,10 mm 
3) Batasan servis: 1,6 mm

Pemeriksaan Permukaan Daun Katup.




Pada gambar terlihat terjadinya keausan yang tidak merata pada permukaaan daun katup, hal tersebut bisa disebabkan terjadinya bushing yang aus, kebengkokan batang katup, dudukan katup yang tidak rata. Perbaikan: ganti katup, bushing dan perbaiki/ganti dudukan katup.

Pemeriksaan Daerah Kontak.
a. Lebar Dudukan Sempit/Kecil

Lebar dudukan yang kecil akan membawa dampak:
1) Kerapatannya baik, karena tekanan pada dudukan besar
2) Cepat aus, karena luas permukaan kecil
3) Pemindah panas jelek, karena luas permukaan kecil

b.Lebar Dudukan Besar


Lebar dudukan yang besar akan membawa dampak:
1) Kerapatannya kurang baik
2) Keausan kecil
3) Pemindah panas baik, karena luas permukaan besar

         Setelah melakukan pemeriksaan serta perbaikan pada dudukan katup atau seat valve dengan katupnya, maka untuk itu agar sudut pada katup dengan dudukan katup sesuai dan merata serta kerapatan yang semakin baik maka perlu dilakukan penyekiran katup baik pada katup masuk maupun katup buang.

Berikut langkah untuk melakukan penyekiran katup:
a. Posisikan kepala silinder pada ragum/penjepit.
b. Lumasi batang katup denga oli secukupnya.
c. Beri pasta skir pada permukaan singgung katup.
d. Masukkan katup pada bushing katup di kepala silinder.
e. Putar katup secara berulang-ulang dan satu arah, hingga permukaan katup dengan dudukan katup rata, untuk mendapatkan hasil yang baik, angkat tungkai sekir katup sedikit dan hentakkan ke depan dan belakang.
f. Setelah melakukan penyekuran, bersihkan katup dan dudukan dari pasta skur
kemudian keringkan.
g. Pasang katup pada kepala silinder, tekan katup hingga terlihat pola yang jelas,
masukkan cairan untuk melihat hasil penyekiran pada ruang bakar apabila
terjadi kebocoran lakukan penyekiran lagi.
h. Ukur lebar dudukan katup, jika ukuran lebar dudukan klep di luar spesifikasi,
ulangi lagi langkah di atas.

Gambar posisi pemberian pasta skir katup

Gambar pasta katup(grease)
Gambar proses skir katup

Pemeriksaan Poros CAM/Noken As
        Pemeriksaaan dilakukan ke semua lintasan yang terdapat pada poros noken as, baik untuk jalur pemasukan atau katup in maupun jalur pengeluaran atau katup buang. Permukaanya diharuskan rata, tidak kebiruan seperti habis terbakar ataupun mengecil dikarenakan terdapat keausan.
Prosedur Pemeriksaan:
Ukur tinggi poros noken as


Ukuran ketinggian lihat panduan pada buku manual sepeda motor yang bersangkutan.

Pemeriksaan Bearing dan Jalur Pelumasan.
        Gunakan pistol udara untuk pengecekan saluran oli, tiup dengan pistol udara agar kotoran dapat terlepas keluar, putar bantalan bearing pada poros noken as, bearingharus dapat berputar halus dan tanpa suara berisik.Juga periksa dudukan bearing pada poros noken as. Ganti bearing apabila tidak berputar dengan halus, tanpa suara atau jika bearing duduk dengan longgar pada camshaft ataupun pada rumah bearing pada kepala silinder.

Pemeriksaan Rocker Arm Beserta Pen
      Rocker arm terpasang pada sebuah pen di dalam kepala silinder dan digerakkan oleh poros noken as untuk membuka dan menutup katup.
Prosedur Pemeriksaan.
Pemeriksaan kondisi pen serta lubang pada rocker arm halus dan tidak terbakar atau warna kebiruan.Untuk kejelasan spesifikasi lihat pada buku manual.


Pemeriksaaan Pegas Katup
      Pegas katup adalah salah satu komponen kepala silinder, di mana pada sebagian motor ada yang menggunakan 1 per katup atau tunggal pada rangkaiannya, ada yang menggunakan 2 per katup atau ganda pada rangkaiannya.


Diagnosa Pegas Katup
1) Pegas katup lemah
Katup akan bergetar, pada putaran tinggi katup tidak akan menutup rapat, melainkan akan melompat lompat, sehingga daya motor berkurang.
2) Pegas katup terlalu kuat
a) Keausan pada penggerak katup akan besar
b) Tuas-tuas katup bisa patah

Pemeriksaan:
Pengukuran panjang per katup pada saat bebas.
Spesifikasi panjang per katup menyesuaikan dengan buku manual, baik yang mengunakan per tunggal maupun ganda.


Pengukuran kebengkokan menggunakan mistar baja siku dan fuller gauge, apabila terjadi kebengkokan diharuskan melakukan pergantian dikarenakan kebengkokan pegas katup tidak bisa diperbaiki.

c. Pemasangan pegas katup
Pemasangan pegas katup harus memperhatikan kisar/lilitan pada setiap pegasnya, kisar/lilitan yang rapat harus terletak pada bagian bawah menempel pada kepala silinder.

d. Pemeriksaan sil katup
Sil katup berfungsi sebagai pembatas dan perapat pada katup, terletak pada bushing katup, sehingga oli tidak bisa masuk keruang bakar. Pada motor terdapat berbagai macam konstruksi yang digunakan.

Prosedur Pemeriksaan:
Pemeriksaaan sil katup dengan cara menekan menggunakan ujung jari/kuku
untuk merasakan kekenyalan pada sil tersebut, apabila sil terasa keras dan tidak lentur lakukan pergatian sil katup.

e. Pemeriksaan Dudukan Pegas Atas dan Pengunci Katup
Dudukan per atas serta pengunci merupakan satu kesatuan untuk melakukan pengucian pada batang katup, di mana letaknya terdapat pada coakan batang
katup

Pada saat pelepasan serta pemasangan katup diwajibkan menggunakan alat khusus agar pada saat meletakkan pengunci katup sesuai pada coakan yang terdapat pada katup tersebut.
   Setelah pengunci dan dudukan pegas katup terpasang, lakukan pengujian dengan memukul ujung katup dengan palu plastik secara lembut, hal ini dlakukan untuk menguji bahwa pengunci tidak lepas dari dudukan pegas katup ketika bekerja.

f. Pemeriksaan pada Semua Ulir Baut yang Berada Kepala Silinder.
        Lakukan pemeriksaan pada baut dan mur pengikat kepala silinder, jika ada yang rusak, langsung diganti baru (jangan melakukan perbaikan pada baut dan mur yang rusak). Perakitan Kepala Silinder:
1) Lakukan perakitan kepala silinder kebalikan dari langkah pembongkaran
2) Ganti semua paking dan sil oli yang rusak.
3) Kencangkan mur kepala silinder sesuai moment pengencangan.
4) Sebelum menghidupkan motor lakukan pemutaran poros engkol
beberapa kali untuk melihat apakah ada hal yang belum beres.
5) Jika dirasa sudah aman lakukan percobaan menghidupan motor.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Belajarjarakjjauh.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.