Mengenal Bagian Bagian utama Roda
Roda adalah sebagai penunjang sepeda motor untuk berjalan. Terutama roda belakang adalah sebagai tenaga penggerak sepeda motor yang didapat dari tenaga mesin. Roda juga berfungsi untuk menerima berat dan semua beban (gaya) yang ditimbulkan oleh kondisi jalan.
- Kuat dan ringan
- Dapat memindahkan panas dengan baik (gesekan ban)
- Perawatan mudah
Gambar kontruksi Roda sepeda motor
Bagian Utama Roda.
Jari-jari
1) Fungsi
Susunan jari-jari fungsinya adalah sebagai penghubung tromol roda dengan peleknya. Jari-jari juga sebagai penyangga berat dari sepeda motor dan sekaligus sebagai penyerap getaran / goncangan dari kondisi jalan. Bentuk jari-jari terpasang pada sepeda motor di Indonesia dapat dibedakan bentuknya antara luar dan dalam.
Gambar posisi jari luar dan jari dalam.
Secara visual jari-jari luar dan dalam dapat dibsedakan dari besarnya sudut kebengkokan dari ujung jari-jari yang mengikat pada hub seperti terlihat pada gambar di bawah ini .
- Bentuk jari-jari luar dengan mempunyai kebengkokan kurang dari 90º atau mempunyai jarak antara kepala dengan kebengkokan lebih panjang
- Bentuk jari-jari dalam dengan mempunyai kebengkokan lebih dari 90ºatau mempunyai jarak antara kepala dengan kebengkokan lebih pendek
Jenis pelek menurut bahannya :
a. Pelek biasa (besi)
Pelek ini dibuat dari baja yang dipres (dari lembaran baja yang digulung dan dipres)
Sifat-sifatnya :
- Daya tahan pemakaian tinggi
- Murah.
b. Pelek alumunium paduan
Bentuk pada umummnya mirip dengan pelek plat press biasa namun yang membedakan adalah bahan pembuataannya karena kebanyakan pelek jenis ini dibuat dari paduan alumunium dam magnesium.
Sifat-sifatnya :
-Ringan, dapat memberikan kenyamanan pada kendaraan
- Awet karena tidak etrjadi korosi
c. Pelek besi tuang
Pelek jenis ini, jari-jari menyatu sekaligus dengan hubnya. Tipe ini umumnya disebut juga “light alloy disk wheel”. Kekakuan dan kekuatannya sama dengan model yang lain. Kelebihan model ini adalah tindakan penyetelan untuk kelurusan roda/balancing tidak diperlukan.Biasanya digunakan pada sepeda motor besar dan motor-motor sport
Gambar pelek besi tuang
Dalam pemakaiannya, roda termasuk pelek akan mengalami perubahan bentuk akibat kondisi jalan yang tidak selalu rata, sehingga roda termasuk pelek harus diperiksa pada periode tertentu jika dirasa ada permasalahan dalam pengendaraan dengan cara memeriksa keolengannya.Keolengan pelek maksimal yang di ijinkan adalah arah : Radial : 1,0 mm ,Aksial : 1,0 mm
Ban
Sebaga salah satu komponen kendaraan sepedamotor, ban merupakan komponen yang sangat penting bagi keamanan dan kenyaman serta menjaga perfomansi kendaraan ketika melaju di jalanan.
Fungsi dan tuntunan ban
Ban merupakan bagian dari kendaraan yang langsung berhubunan dengan jalan. Berfungsi untuk menjamin kendaraan berjalan nyaman dan aman dengan mengurangi hambatan-hambatan gelinding roda. Oleh karena itu banyak sekali tuntutan-tuntutan yang harus dipenuhi oleh ban :
Tuntutan dasar (utama)
a. Mampu menahan berat kendaraan dan muatan (arah atas dan bawah)
b. Mampu menahan gaya (dorongan) dari samping kiri dan kanan. Contoh : saat belok, zig zag
c. Mampu menahan gaya memanjang Contoh : saat pengereman dan akselerasi.
Tuntutan lain :
- Kemampuan traksi (cengkeram) besar
- Tahanan gelinding kecil
- Dapat meredam geratan.
Nama-nama bagian
Secara umum ban yang banyak digunakan oleh sepeda motor mempunyai 2 macam, yaitu
a. Tube type yaitu tipe ban yang menggunakan ban dalam pemakaiannya.
Cirri ban yang menggunakan ban dalam adalah mempunyai Konstruksi tipe pentil melekat pada ban dalam dan ban akan bocor bila terkena paku
b. tubeless yaitu tipe ban yang tidak menggunakan ban dalam pemakaiannya.
Ciri tipe ban tubeless yaitu mempunyai kode tubelles. Pentil melekat pada pelek, jika kena paku tidak langsung kemps (bocor ), sehingga relatif
lebih aman .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar