Blog yang didedikasikan untuk memenuhi metode pembelajaran secara online tanpa tatap muka.

Mesin konversi energi

Menerapkan Mesin Konversi Energi dalan Bidang Otomotif.


A.Motor Bakar

Salah satu jenis mesin konversi dalam bidang otomotif adalah motor bakar,salah satu penerapan motor bakar yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah pada mesin mobil mahpun sepeda motor.

Motor bakar merupakan salah satu mesin konversi energi yang mengubah energi kimia bahan bakar menjadi energi panas yang kemudian diubah menjadi energi gerak mekanik.
Energi gerak mekanik inilah yang akhirnya m3nggerakan kendaraan.
Proses pengubahan energi ini dilakukan melalui proses pembakaran baik di dalam ruangan maupun di luar ruang bakar.

Sebelum kamu mengetahui proses pembakaran pada motor bakar.

Kamu perlu mengetahui bahwa proses pembakaran memerlukan 3 unsur utama,yaitu udara(oksigen),bahan bakar,dan panas(tekanan kompresi)

Nah apabila 3 unsur tersebut tidak memenuhi dengan baik,maka pembakaran tidak akan berlangsung dan menghasilkan energi panas atau tenaga.

Kemudia tenaga yang dihasilkan dari proses pembakaran diubah menjadi energi gerak melalui mekanisme tertentu dan di teruskan ke unit penggerak mesin.

Berdasarkan proses nya pembakaran motor bakar dobedakan menjadi dua,yaitu

1. MOTOR PEMBAKARAN DALAM(Internal Combustion Engine)


Motor pembajaran dalam merupakan motor yang proses pembakaran nya di dalam mesin tersebut.
Contohnya adalah motor bensin,motor diesel,turbin gas,roket,jet,mesin gas,dan lain-lain.

Prosesnya yaitu bahan bakar dan udara dimasukan ke dalam silinder atau ruang bakar,didalam silinder torak bergerak ke atas dan kebawah,kompresi terjadi saat torak bergerak naik dan menekan uadara dan bahan bakar,bahan bakar pun terbakar dan menghasilkan energi panas yang mendorong torak ke bawah.

Gerakan naik turun torak kemudian diubah menjadi gerakan putar poros engkol melalui batang torak.
Gerakan putar ini kemudian dipindahkan melalui sitem pemindah daya untuk menggerakan mesin,seperti roda penggerak mesin mobil.

Keuntungan dari mesin pembakaran dalam adalah kontruksinya kebih sederhana,tidak memerlukan fluida kerja yang banyak dan efisiensi totalnya lebih tinggi .
Oleh karena itu motor pwmbakaran dalam banyak digunakan pada sistem tranportasi,baik mobil,kapal,maupun pesawat terbang.

2.Motor Pembakaran Luar(External Combustion Engine)

Motor pembakaran luar merupakan motor yang proses pembakaran nya tidak berlangsung dalam mesin,tetapi diperoleh dari pembakaran diluar mesin.
Contoh pembakaran luar adalah mesin nuklir dan mesin uap.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Belajarjarakjjauh.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.