Blog yang didedikasikan untuk memenuhi metode pembelajaran secara online tanpa tatap muka.

Pemeriksaan Kebocoran Katup

Pemeriksaan Kebocoran Katup


       Setelah mengalami proses kerja motor yang relatif lama dengan berbagai beban dan kondisi temperatur, mekanisme katup akan mengalami proses kerusakan pada bagian-bagian tertentu, untuk itu perlu adanya pemeriksaan yang cermat terhadap bagian mekanisme katup disertai dengan perbaikannya.

a. Cara Perbaikan: 

1) Masukkan cairan bensin pada saluran masuk dan saluran buang 
2) Lakukan satu persatu katup masuk dulu atau buang dulu 
3) Amati kebocoran yang terjadi (jika bocor lakukan pekerjaan penyekuran katup)

b. Keadaan Ujung Batang Katup 

Periksalah ujung katup apakah cacat atau aus, kondisi ujung katup yang aus akan menimbulkan celah katup yang besar sehingga menimbulkan bunyi berisik disebabkan terjadi tumbukan pada ujung katup dengan rocker arm. 

c. Ketebalan Daun Katup 

Periksa ketebalan daun katup, kondisi daun yang tipis akan mengakibatkan pemindahan panas kurang baik dan daun katup mudah terbakar akibat temperatur yang tinggi dari pembakaran. 
1) Ketebalan daun katup masuk minimal 0,7 mm 
2) Ketebalan daun katup buang 1 mm


d. Kelurusan Batang dan Daun Katup. 

Kelurusan batang dan daun katup perlu diperiksa karena akan mengakibatkan kerja katup terganggu (terjadi gesekan yang berat dengan bushing katup serta tidak rapatnya katup dengan dudukannya, sehingga dapat menyebabkan terjadinya kebocoran kompresi). 
Batas kebengkokan batang katup = 0,01 mm


e. Pemeriksaan Batang Katup dan Bushing Katup 

Pastikan bahwa katup bergerak dengan halus di dalam bushing katup, periksa masing-masing katup terhadap kondisi melengkung, terbakar, goresan atau keausan tidak normal. Ukur diamater katup menggunakan alat ukur sesuaikan dengan spesifikasinya. Besar diameter batang katup dapat dilihat pada buku manual sepeda motor yang digunakan.

f. Bushing Katup 

Bushing berfungsi sebagai untuk menghantarkan gerakan katup pada saat berkerja, di mana bushing katup terbuat dari bahan cast iron dan terpasang dengan kuat dan simetris pada kepala silinder. 


Pemeriksaan celah batang katup dengan bushing-nya secara sederhana dapat dilakukan dengan cara memasukan batang katup ke dalam bushing katup. Kemudian tekan ujung batang katup ke kiri dan ke kanan dan rasakan apakah celah yang ada besar atau kecil

Akibat pemakaian yang lama maka celah katup perlu disetel kembali. Daun katup dan dudukannya harus berada tepat ditengah, dan ketebalan yang memenuhi syarat. Gerak gunting/overlap adalah kelebihan sudut buka dan tutup katup yang melebihi besar sudut kerja langkah hisap dan buang (180°). Tujuan gerak gunting adalah agar katup dapat bekerja dengan lembut (saat membuka dan menutup). Ketebalan daun katup yang tipis akan menyebabkan pemindahan panas kurang baik sehingga daun katup mudah terbakar. Kelonggaran katup dengan bushing katup = diameter dalam bushing katup dikurangi diameter luar batang katup. Dudukan katup yang telah aus dapat diperbaiki dengan alat khusus (perbaikan sudut koreksi katup). Penyekuran adalah proses akhir perbaikan katup dengan dudukannya agar diperoleh dudukan yang rapat dan merata.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Belajarjarakjjauh.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.