Blog yang didedikasikan untuk memenuhi metode pembelajaran secara online tanpa tatap muka.

Bagian Utama Mekanisme Kepala Silinder

Kepala Silinder

Bagian Utama Mekanisme Kepala Silinder

Head cylinder adalah komponen penutup blok silinder yang bertugas menutup rongga silinder,dimana ruang yang tertutup tersebut adalah ruang pembakaran.

beberapa fungsi blok silinder antara lain:
1. Sebagai penutup blok silinder
2. Sebagai tempat t diterjadinya pembakaran karena dikomponen inilah ruang bakar diletakan
3. Sebagai Komponen untuk meletakan komponen mesin lain seperti melanisme katup,Manifold dan busi/injector.

Cylinder Head merupakan salah satu komponen mobil yang terbilang sangat penting dimana fungsi nya sebagai tempat proses pembakaran.
Cylinder mobil juga merupakan tempat katup buang serta hisap dan sebagai tempat busi untuk melakukan pembakaran.

Jumlah katup pada kepala silinder mobil tersebut tergantug dan menyesuaikan teknologi serta kebutuhan masing-masing.



Bagian Utama Kepala Silinder Dan Kelengkapannya

Cover Kepala Silinder 

Gambar cover cylinder Head
(sumber: www.mtysun.com)
Merupakan tutup kepala silinder yang akan menutup bagian atas kepala silinder.Pada cover ini pula biasanya diletakan tutupoli.

Lubang Oli (Oil Feed)
Gambar Lubang oli
(sumber :Internet)
Fungsi oil Feed adalah sebagai jalur Oli,fungsi saluran ini yakni menghubungkan oli ke atas komponen luar mesin seperti turbocharger atau oil cooler.

Saluran Air Pendingin

saluran ini berfungsi sebagai jalur lanjutan sirkulasi air pendingin dari blok silinder untuk mendinginkan kepala silinder.Air pendingin bersirkulasi pada water jacket ini nantinya akan menyerap panas pada mesin secara langsung.

Intake Manifold

merupakan komponen yangberfungsi untuk menyalurkan campur udara dan bahan bakar dari alat pencampur bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar pada tiap-tiap silinder.

Exhaust Manifold

pada saat langkah buang,maka gas buang yang timbul dari hasil pembakaran campuran bahan bakar dan udara harus dibuang atau dikeluarkan dari ruang bakar di silinder mesin menuju ke udara luar.

oleh sebab itu di butuhkanlah exhaust manifuld pada mesin yang berfungsi untk mengalirkan gas hasil pembakaran pda tiap-tiap silinder ke pipa buang.

Ruang Bakar



pada mesin bensin bentuk ruang bakar hanya berupa cenkungan yang ada di bawah permukaan kepala silinder.Cekungan ini akan dipanaskan dengan permukaan atas piston,dengan katalain saat akhur langkah kompresi gas bertekanan tinggi akan terkumpul padacekungan ini.

Itulah Ke enam komponen utama kepala silinder yang melengkapi bagian mekanisme kepala silinder dan katup.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Belajarjarakjjauh.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.