Blog yang didedikasikan untuk memenuhi metode pembelajaran secara online tanpa tatap muka.

DASAR PEMELIHARAAN KENDARAAN

DASAR PEMELIHARAAN KENDARAAN

Konsep Pemeliharaan atau Perawatan atau Servis Kendaraan 


       Di dalam masyarakat, terdapat berbagai bengkel yang dikenal sebagai Bengkel Servis Kendaraan, Bengkel PemeliharaanKendaraan,Bengkel Perawatan Kendaraan, Bengkel Perawatan dan Perbaikan Kendaraan.

Pemeliharaan (Maintenance) adalah suatu kombinasi dari setiap tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu barang dalam, atau untuk memperbaikinya  sampai suatu kondisi yang bisa diterima. Yang dimaksud dengan pemeliharaa disini meliputi perawatan dan perbaikan.

Pemeliharaan terdiri dari 2 macam, yaitu :
  • Perawatan terencana atau perawatan berkala dan 
  • Perawatan tak terencana atau perbaikan jika terjadi kerusakan sewaktu-waktu.
   Perawatan terencana atau perawatan berkala atau servis dikerjakan atas dasar sejauhmana atau berapa lama kendaraan telah berjalan (dalam km atau bulan), meskipun dalam kegiatan ini sebenarnya juga kadang-kadang terjadi sedikit kegiatan perbaikan. Sedangkan perawatan tak terencana disebut dengan 
perbaikan atau reparasi, yaitu jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan diluar jadwal perawatan berkala. Di masyarakat pemeliharaan berkala mesin kendaraan dalam interval sekitar 10.000 km (servis besar) disebut Tune-Up mesin kendaraan.


Tujuan Pemeliharaan atau Perawatan atau Servis Kendaraan

     Dengan dilakukannya servis secara teratur akan didapatkan beberapa keuntungan :



  •  Kendaraan selalu dalam kondisi optimal dan selalu siap dioperasikan.


Kapanpun dan dimanapun kendaraan akan digunakan, kendaraan selalu siap dioperasikan. Kendaraan membantu kelancaran transportasi orang maupun barang.

  • Biaya operasional yang hemat


Semakin lengkap dan teliti servisnya, semakin panjang umur kendaraan dan akhirnya semakin rendah biaya operasional kendaraan tersebut

  • Keamanan dan Keselamatan 

Semakin teliti perawatan kendaraan, maka keamanan dan keselamatan operasi kendaraan akan semakin pasti dan terjamin. Banyak pekerjaan kontrol dan diagnosa yang harus dilakukan pada servis kendaraan. Kelalaian pada pengontrolan akan menaikkan jumlah resiko gangguan dan kerusakan yang tidak dapat diperkirakan.

  • Unjuk kerja dan kenyamanan yang optimal.


Hanya kendaraan yang dirawat dengan baik yang dapat menampilkan unjuk kerja dan kenyamanan yang optimal.

Jangka Waktu Servis Kendaraan


   Perhatikan spesifikasi kendaraan dari pabrik pembuatnya. Hal ini dapat diketahui dari Buku Manual / Perhatian atau informasi lewat komputer yang dikeluarkan oleh pabrik pembuat kendaraan, yang berisi Perhatian cara mempersiapkan, menggunakan dan merawat kendaraan. Secara umum,kendaraan akan diservis berdasarkan beberapa persyaratan berikut :

Berdasarkan Operasional Kendaraan Yang Normal

Servis kecil : dilakukan setelah kendaraan menempuh perjalanan, setiap 
5.000 s.d 10.000 km

Servis besar : dilakukan setelah kendaraan menempuh perjalanan, setiap 
10.000 s.d 20.000 km atau minimal sekali pertahun.


Berdasarkan Operasi Yang Khusus/Kondisi Berat



     Jika kendaraan dioperasikan pada kondisi yang berat,misalnya pada daerah yang berdebu, berlumpur, jalan yang kasar, daerah pegunungan atau pantai laut, maka jangka waktu pemeliharaan/perawatan/servis berkala menjadi lebih pendek dibandingkan dengan pemeliharaan/perawatan/servis berkala kendaraan yang dioperasikan dalam kondisi normal. Sebagai contoh pada kendaraan yang dioperasikan pada daerah yang berdebu, saringan udara perlu dibersihkan lebih sering. Juga apabila kendaraan sering berjalan pada yang jalan jelek, komponen casis kendaraan harus dirawat dan diperiksa lebih sering.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Belajarjarakjjauh.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.