Blog yang didedikasikan untuk memenuhi metode pembelajaran secara online tanpa tatap muka.

Identifikasi Sistem Rem dan Komponennya.


      
           Semua orang tahu bahwa ketika kita menekan pedal rem dengan kaki,kendaraan akan berhenti, tapi bagaimana tekanan dari kaki kita sampai ke roda dengan kekuatan yang cukup untuk menghentikan kendaraan ?
Pada bagian berikut, kita akan mempelajari sistem dan komponen yang diperlukan yang menyebabkan rem bekerja secara efektif.


Rem Tromol. 

Sebuah unit rem tromol terdiri dari dua sepatu rem yang terpasang pada backing plate. Ketika pedal rem ditekan, silinder roda hidrolik akan mendorong sepatu keluar untuk menekan tromol yang berputar dan menimbulkan gesekan sehingga memperlambat kendaraan. Ketika pedal dibebaskan, pegas pengembali menarik sepatu rem kembali ke posisi semula.


Secara umum komponen-komponen rem tromolantara lain terdiri dari :

1. Brake tromol. (tromol)
2. Brake shoe with friction linings. (sepatu rem)
3. Wheel cylinder. (silinder roda)
4. Anchors.
5. Backing plate.
6. Springs (Pegas sepatu rem).
7. Return springs (Pegas pengembali).
8. Adjuster (Unit penyetel).

Tromol 
Tromol berputar bersama-sama dengan roda. Dalam beberapa sistem rem, tromol merupakan hub roda dan bantalan roda.
Jenis-jenis tromol.
Tromol eksternal adalah salah satu jenis pertama kali digunakan pada mobil. Permukaan luar tromol dibuat
halus yang merupakan bidang gesek pengereman, area tersebut merupakan tempat untuk lapisan band. Tipe ini kadang-kadang dapat ditemukan sekarang ini sebagai rem parkir untuk truk-truk besar. Semua tromol remyang modern adalah tipe internal, dengan permukaan tromol dalam mesin halus untuk memberikan permukaan pengereman.

Sepatu rem


Silinder roda. (Wheel cylinder)



Silinder roda terdiri dari bagian-
bagian berikut ini :
1. Cylinder
2. Pistons
3. Lip seal piston cups
4. Expander spring assembly
5. protective dust covers
6. Actuating pins (some 
models)
7. Bleeder valve

Anchors.
    Anchor adalah bagian sistem rem tromol terpasang pada backing plate menjadi tumpuan dari sepatu rem. Anchor menanggung semua kekuatan sepatu rem tromol.
Backing Plate.

Backing Plate adalah cakram baja yang terpasang ke rumah poros atau axle housing dan tidak bisa berputar.
       
        Backing Plate merupakan landasan untuk sistem rem tromol, dimana anchor dan silinder roda, sepatu rem, pegas pengembali dan termasuk beberapa penyetel (adjuster), terpasang ke backing plate. Backing Plate merupakan bantalan di mana sepatu rem dapat bergerak

Pegas sepatu rem (Brake Shoe Springs). 
Dua jenis utama dari pegas pemegang sepatu rem tromol. Pegas ini betugas memegang sepatu rem terhadap backing plate, sementara padasaat yang sama memungkinkan sepatu rem untuk bergerak saat remdioprasikan.

Pegas pengembali sepatu rem.
Pegas pengembali sepatu rem selalu jenis pegas coil. Pegas yang terhubung antara sepatu rem dan dudukan stasioner atau dari satu sepatu rem ke sepatu rem yang lain . 
Fungsi pegas pengembali sepatu rem adalah untuk mengembalikan sepatu rem ke posisi dimana silinder roda tidak di oleh tekanan hidrolik. Ketika tekanan hidrolik silinder roda mendorong sepatu rem 
untuk luar menekan tromol

Anti-Rattle Springs.
Pegas anti getar yang digunakan dalam majelis rem tromol adalah untuk mengurangi getaran dansuara mengeklik. Caranya yaitudengan memberikan sedikittegangan pegas antara dua bagian.

Unit penyetel 
     Hampir semua rem tromol modern menggunakan beberapa bentuk penyetel(adjuster) berupa roda bintang (roda bergerigi). Pada banyak sistem, adjuster roda bintang ditempatkan di bagian bawah unit sepatu rem, dengan silinder roda di atas. Pada beberapa sistem rem tromol, adjuster, yang ditempatkan di bagian atas, langsung di bawah roda silinder, dengan bagian bawah penahan sepatu rem.

Jenis-jenis rem tromol. 
Rem tromol dalam garis besar dibedakan dalam dua kelompok yaitu :
Rem tromol Non servo dan Rem tromol servo.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Belajarjarakjjauh.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.