Blog yang didedikasikan untuk memenuhi metode pembelajaran secara online tanpa tatap muka.

Perawatan Sistem Pelumas

Sistem Pelumasan


Saat mesin mulai bekerja,gesekan yang terjadi antara bagian mesin yang bersinggungan menyebabkan hilangnya tenaga dan bagian mesin menjadi aus.

Untuk mengatasi hal tersebut,diperlukan adanya oli pelumas yang secara terus-menerus melumasi bagian mesin.

Oli pelumas ini diatur oleh sistem pelumasan


Siatem pelumasan memiliki beberapa fungsi
1.sebagai pelumas.
Fungsi yg pertama adalah pelumas berfungsi sebagai pelumasan yaitu melumasi bagain-bagian yang saling bersinggungan.
2.sebagai pendingin.
Adalah minyak pelumas sebagai pendingin,minyak pelumas akan mengalir keseluruh sistwm atau bagian didalam mesin yang bergerak.komponen yang bergerak dan saling bersinggungan tersebut akan menimbulkan panas,dan minyak pelumas kaan menyerap panas yang ditimbulkan.
3.sebagai perapat.
Minyak pelumas melumasi bagian-bagaian mesin yang presisi untuk menjadi rapat sehingga mencegah terjadinya kebocoran gas atau blow by gas.Contohnya yaitu saat melumasi bagia piston dan didnding silinder.
4.Sebagai pembersih
Pembersihan bram-bram yang dihasilkan akibat gesekan komponen mesin dilakukam oleh pelumas yang bersirkulasi pada bagian-bagian mesin.
5.Pencegah Karat
Komponen yang terbuat dari logam akan berkemungkinan terjadi karat,jika terjadi karat ini pada komponen-komponen di dalam mesin akibatnya akan mudah membuat mesin rudak.

Macam-Macam Sistem Pelumasan


Pada mesin 4 langkah,terdapat dua tipe siste, pelumasan yang sering ditemui yaitu

1.Wet Sump Lubricafion(sistem pelumasan Basah).

Dibagi menjadi beberapa jenis yaitu

  • Sistem Celup/percik

Sifat-sifat pada sistem pelumasan percik ini adalah
1.penggantian oli atau pelumas ini dilakukan pada jarak waktu atau jarak tempuh kilometer tertentu.
2.pelumasan kurang baik karena hanya bagian-bagian tertentu saja yang dapat dijangkau oleh percikan oli.

  • Sistem Tekan.

Pelumas akan atau oli akan disirkulasikan ke semua bagia mesin oleh pompa oli.pompa oli ini berfungsi untuk memompa atau menekan oli,agar dapat bersirkulasi ke seluruh bagian mesin sehingga semua bagian mesin mendapatkan pelumasan.
Sifat-sifat pada sistem pelumasan tekan ini adalah
1.pelumasan merata dan teratur
2.sistem pelumasan ini dapat digunakan pada mesin 4 tak maupun 2 tak.
3.penggantian oli atau pelumas dilakukan pada jarak waktu atau jarak tempuhkilometer tertentu.

2.Dry Sump lubrication(Pelumasan Kering)


Sistem pelumasan kering membuntuhkan pompa untuk menyalurkan pelumas dari wadah penampungan ke mesin.biasanya oli akan di salurkan melalui kepal silinder kemudian mengalir ke komponen mesin lainnya hingga poros engkol.
Setelah sampai ke poros engkol maka pelumas akan jatuh ke dasar mesin yang selanjutnya akan di sedot oleh pompa untuk mengembalikannya ke wadah penampungan.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Belajarjarakjjauh.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.