Blog yang didedikasikan untuk memenuhi metode pembelajaran secara online tanpa tatap muka.

Komponen sistem pendinginan

Komponen Sistem Pendinginan

Sistem pendinginan terdiri dari banyak kompknen yang saling mendukung agar panas yang diserap oleh mesin dapat segera dikeluarkan dari mesin.

Komponen-komponen yang saling bersinergi tersebut ajan menghasilkan sebuah siklus sistem pendonginan.

Gambar siklus sistem pendinginan kendaraan ringan


A. Radiator

Radiator adalah komponen berbentuk lempeng besi yang digunakan untuk mendinginkan air pendingin,prinsip kerja radiator adalah dengan memindahkan suhu dari air ke udara.

Gambar radiator

Dalam sebuah radiatir akan ditemui beberapa bagian seperti:

1. Upper tank,merupakan tanki untuk menampung air panas atau air dari mesin

2. Lower tank,merupakan tanki untuk menampung air yang sudah didinginkan dan siap dikirim kembali ke mesin.

3. Inti radiator,terdiri dari pipa-pipa dimana cairan pendingin melaluinya dari upper ke lower tank,juga dilengkapi denga sirip-sirip pendinginan (fin)

Gambar bagian radiator

Gambar inti radiator

4. Sirip radiator,merupakan seng tipis yang tersusun diantara beberapa core pada permukaan radiator.sirip ini digunakan sebagai penerima panas dari cpre sekaligus melepaskan panas ke udara yang melewatinya.
Gambar sirip Radiator.

Radiator bekerja dengan memanfaatkan aliran udara yang melewati sirip-sirip radiator,mekanismenya,air yang memiliki suhu panas akan disalurkan ke radiator core,disini panas akan berpindah ke radiator core dan langsung disalurkan ke sirip radiator,karena kedua bahan ini merupakan konduktor.saat ada udara melewati sirip maka panas akan berpindah ke aliran udara tersebut.Akibat hal tersebut,suhu air pendinginan akan semakinturun sehingga saat mencapai lower tank,suhunya sudah rendah dari sebelumnya dan siap disirkulasikan kembali untuk menyerap panas yang ada dimesin.





Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Belajarjarakjjauh.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.