Blog yang didedikasikan untuk memenuhi metode pembelajaran secara online tanpa tatap muka.

Fungsi dan Perawatan Sistem Kemudi Sepeda Motor

 

Fungsi dan Perawatan Sistem Kemudi Sepeda Motor


Sepeda motor ternyata mempunyai fungsi yang sangat banyak. Kenyamanan sistem kemudi sepeda motor membuat pengendara percaya diri dalam mengendarainya. Sistem kemudi sepeda motor dirancang berbeda-beda untuk setiap jenis sepeda motor. Antara sepeda motor sport atau balap tentu berbeda desain sistem kemudinya dengan sepeda motor trail.

Fungsi Sistem Kemudi

Sistem kemudi pada sepeda motor berfungsi untuk menopang setang dan garpu depan atau front fork. Sistem kemudi dipasang pada head pipa melalui komsteer. Berarti, sistem kemudi mempunyai tumpuan head pipe.

Komponen garpu depan / front fork dirancang untuk menopang beban goncangan jalan melalui roda depan. Beban yang ditanggung oleh garpu depan adalah goncangan jalan dan beban pengemudi serta berat sepeda motor itu sendiri.

Beberapa istilah penting dalam sistem kemudi :

1) Caster, Adalah sudut kemiringan poros kemudi, dinyatakan dalam satuan derajat. Dengan menarik garis sejajar pada poros kemudi, maka akan mendapat sudut yang dihitung dari garis mendatar (horisontal).

2) Trail, merupakan jarak diantara titik potong dari pada garis poros sistem kemudi dengan jalan yang mendatar ke titik tumpu ban depan di atas permukaan jalan.


dari kedua gambar di atas menunjukkan bahwa semakin besar sudut kemiringan casternya, maka trail akan semakin kecil. Caster dan trail harus diperhitungkan secara celiti karena keduanya berhubungan erat terhadap pengaruh kestabilan dari sistem kemudi sepeda motor.

Bagian-bagian dari sistem kemudi dapat dilihat pada gambar di bawah ini :


setang kemudi ditambatkan pada penghubung garpu bagian atas dan diikat dengan pengikat setang. Fungsi dari penghubung garpu adalah sebagai penghubung antara kedua buah garpu depan dan poros kemudi objek ini sering juga di sebut dengan kupu-kupu. Sistem kemudi dihubungkan oleh rangka pada bagian kepala rangka. Batang kemudi pada sepeda motor dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :


1) Jenis Tubular (Berbentuk Pipa)
Jenis Tubular pada umum digunakan pada sepeda motor dengan suspensi depan tipe teleskopic atau sering disebut juga upside down.

2) Jenis Pressed Steel
Jenis Pressed Steel digunakan pada sepeda motor dengan suspensi depan tipe link. Sebenarnya jenis ini mempunyai susunan bentuk dan fungsi suspensi yang sama dengan jenis tubular, hanya saja jenis bahan pressed steel dibuat dari pelat baja yang dipress (lempengan) dan dibentuk sebagai penutup lekukan dari batang kemudi, sekaligus sebagai penjepit lampu depan dan speedometer.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Belajarjarakjjauh.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.