Blog yang didedikasikan untuk memenuhi metode pembelajaran secara online tanpa tatap muka.

Alat Ukur mekanik

 Penggunaan Alat Ukur Mekanik di Bengkel Otomotif



Ada banyak jenis alat ukur mekanik yang digunakan di bengkel otomotif antara lain jangka soromg,mikrometer,dial indikator,caliper gauge,cylinder gauge,plastigage,dan thickness gauge.

Satuan Alat Ukur Mekanik

Alat ukur merupakan suatu alat yg digunakan untuk mengetahui besaran,ukuran,dimensi atau kondisi fisik suatu komponen.
Sedangkan alat alat ukur mekanik merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengetahui ukuran atau dimensi dan kondisi fisik suatu komponen seperti:panjang,lebar,tinggi,kerataaan dan sebagainya.

Hasil pengukuran dengan alat ukur mekanik dapat langsung dibaca pada skala alat ukur tersebut.Hasil pengukuran pada alat ukur dinyatakan dalam satuan tertentu.
Secara umum,ada dua jenis satuan yang digunakan dalam kegiatan pengukuran yaitu satuan metrik dan british.

1. Satuan Matrik

Dalam satuan matrik dikenal ada tiga buah satuan dasar,yaitu meter(m),kiligram(kg),dan sekon(s).
Dalam pengukuran panjang maupun diamete komponen mesin satuan yang sering digunakan adalah satuan milimeter(mm).Hal ini karena komponen pada mesin otomotif dibuat dalam ukuran kecil yanitu ukuran mikimeter(mm).

2.Satuan British

Satuan british menggunakan satuan inchi,mil,dan kaki(feet) untuk menyatakan panjang suatu benda.sebagian besar komponen mesin dengan satuan british dinyatakan dalam inchi.

Untik mengubah hasil pengukuran dari inchi ke mm,maka satuan tersebut harus dikonversikan terlebih dahulu dengan cara mengalikan hasil pengukuran tersebut dengan angka 25,4.sedangkan 1 mm dinyatakan dalam inchi menjadi 0,04 inchi.

Jenis Alat Ukur Mekanik

Beberapa alat ukur mekanik yanh digunakan dibengkel antara lain sebagai berikut.

1.Jangka Sorong/Sigmat/vernier caliper

Jangka sorong digunakan untuk mengukur diameter luar,diameter dalam,dan kedalaman dari suatu benda dengan tingkat ketelitian mencapai 0,05 mm.

Kontruksi jangka sorong terdiri dari pengukur diameter dalam,pengukur diameter luar,baut pengunci,pengukur kedalaman,skala utama,skala vernier(nonius).


     Pengukur diameter dalam berfungsi untuk mengukur diametrr dalam komponen,terutama komponen yang berbentuk silinder seperti:diameter dalam tromol rem dan diameter dalam master silinder.
     Pengukur diameter luar berfungsi untuk menjepit pada saat pengukuran diameter luar dan ketebalan benda seperti:diameter piston,ketebalan cakramketebalan kampas rem,dll.
      Baut pengunci merupakan baut pada jangka sorong yang berfungsi untuk mengunci hasil pengukuran.
      Pengukur kedalaman merupakan bagian jangka sorong yang berfungsi untuk mengukur batas kedalaman suatu lubang.

Jangka sorong mempunyai dua buah skala pengukuran yaitu: skala utama dan skala nonius.


Skala utama merupakan skala yang terletak pada rahang tetap.Skala utama ditunjukam dalam satuan cm yang kemudian dikonversi ke satuan mm,sedangkan skala nonius merupakan skala yang terdapat di rahang geser.Skala nonous dinyatakan dalam satuan mm.

Skala nonius atau skala verniler tertulis pada rangka yang digerakkan,sekala ini menentukan ketelitian dari jangka sorong yang digunakan. 

Skala tetap/utama tertulis pada kerangka tetap berbentuk ” T ” yang mempunyai skala dalam ukuran sistem metrik dan ukuran sistem inchi.

Ada beberapa ketelitian jangka sorong yang digunakan di bengkel otomotif ,antara lain ketelitian 0,1 mm,0,05 mm dan 0,02 mm.

Vernier calliper adalah perkakas presisi yang digunakan dalam pembuatan, inspeksi, dan perbaikan komponen-komponen kendaraan.
Vernier calliper digunakan untk mengukur jarak-jarak bagian dalam dan luar yang kecil secara akurat.

Untuk menggunakan vernier callipers, letakkan alat tersebut pada bidang yang akan dikerjakan dan masukkan rahana bawah yang dapat digerakkan (moveable jaw) sampai menyentuh bidang yang akan diukur. 
Kencangkan clamp screw(pengunci) dan lepaskan calliper dari bidang yang diukur untuk dibaca hasil pengukurannya. 
 
Vernier calliper juga bisa digunakan untuk mengukur kedalaman.

Cara penggunaan bagian-bagian jangka sorong.




Micrometer


Penggunaan outside micrometer secara teratur diperlukan untuk memperoleh pengukuran yang baik

Outside Micrometer adalah instrumen pengukur yang memungkinkan dilakukan pengukuran secara akurat. 
Outside micrometer digunakan untuk mengukur: 
  • Diameter luar 
  • Ketebalan material dan 
  • Panjang komponen-komponen 
Alat ini tersedia dalam berbagai ukuran frame. Akan tetapi, semua ukuran memiliki kisaran pengukuran yang terbatas sesuai dengan ulir drat pada spindle.





Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Belajarjarakjjauh.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.